Ini Hanya Blog Biasa yang Menyediakan Informasi Hal-hal Menarik Tentang Aceh.
Kuah Pliek-U, Gulai Para Raja
Masakan atau gulai khas Aceh.
Okezine - Template
Mesjid Raya Baiturrahman
Saksi bisu sejarah Aceh.
Okezine - Template
Tari Saman
Satu ciri menarik dari tari Aceh
..
Prev 1 2 3 Next

Thursday 26 July 2012

Masyarakat Sumbar Padati Makam Syiah Kuala



(Analisa/barlian erliadi). Sebagian dari ratusan peziarah dari Sumbar, sedang melaksanakan salat di kompleks pemakaman Syiah Kuala di Banda Aceh, Minggu (6/5).
Banda Aceh, (Analisa). Ratusan masyarakat MInang, Sumatera Barat (Sumbar), membanjiri makam Syekh Abdurrauf bin Ali Al-Fanshuri atau Tgk Syiah Kuala di Banda Aceh Minggu (6/5). Mereka yang berkunjung itu ialah santri dan wali santri Pesantren Nurul Yakin, Sumbar, pimpinan Syekh Ali Imran Hasan .
Menurut sejumlah santri, kedatangan mereka dalam rangka berwisata dakwah dan berziarah ke makam Syiah Kuala. Selain itu juga melaksanakan zikir dan mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Aceh.

"Berkunjung ke mari untuk melihat makam Syiah Kuala dalam rangka berziarah dan berzikir " kata seorang santri, Al-Ghazali.

Dikatakan, mereka yang berjumlah sekitar 400 orang itu berziarah selama tiga hari dan menginap di pondok sekitar kompleks makam sembari memanjatkan doa untuk Syiah Kuala.

Mereka juga membawa makanan yang dimasak langsung di komplek makam. Tampak di antara mereka sibuk mempersiapkan makanan, dan sebagian melaksanakan salat. Ada juga yang berfoto untuk mengabadikan panorama indah dengan latar pemandangan di seputaran komplek makam.

Seorang santri lain, Ali Duan, mengatakan, mereka sengaja datang ke makam Syiah Kuala karena ingin melihat langsung makam ulama tersohor dalam sejarah Kerajaan Aceh ini.

Dikatakannya, kebesaran ulama Aceh itu hanya diketahui melalui buku dan media lain, namun belum pernah melihat dari dekat bagaimana makam sang ulama. Keindahan alam di sekitar kompleks pemakaman juga menjadi daya tarik bagi pengunjung. Dia mengaku sangat terkesan dengan kunjungan itu.

Selain penasaran, kunjungan ini juga sebagai penghormatan terhadap Syiah Kuala yang telah mendidik ulama besar Sumbar pada masa lalu, Syekh Burhanuddin.

Diceritakan, Burhanuddin adalah ulama besar yang telah mengembangkan dan menyiarkan ajaran Islam di ranah Minang. Menurut sejarah, ulama ini merupakan murid kesayangan Syiah Kuala.

sumber : analisadaily.com (Visit This Blog Now)

0 comments: