Ini Hanya Blog Biasa yang Menyediakan Informasi Hal-hal Menarik Tentang Aceh.
Kuah Pliek-U, Gulai Para Raja
Masakan atau gulai khas Aceh.
Okezine - Template
Mesjid Raya Baiturrahman
Saksi bisu sejarah Aceh.
Okezine - Template
Tari Saman
Satu ciri menarik dari tari Aceh
..
Prev 1 2 3 Next

Thursday 26 July 2012

Eungkot Asam Keu'eung

Masakan Asam Pedas adalah masakan yang ada hampir diseluruh Indonesia, bahkan Asia Tenggara dengan nama ber-macam². Di Aceh Masakan ini bernama Asam Keueung atau Masam Keueung yang arti secara harfiah adalah Masam Pedas. Resep kali ini ada Eungkoet Asam Keueung yang berarti Ikan Asam Pedas. Penasaran? berikut resep dan cara pembuatannya :


Bahan :

1. Ikan Kerling, potong-potong tanpa membuang. Sisik yang ada jangan dibuang.
2. Belimbing Wuluh
3. Daun jeruk
4. Sere

Bumbu yang dihaluskan :

1. 3 cabe Merah
2. 7 cabe rawit
3. kunyit 2 cm
4. 4 Asam Sunti 4
5. 1 butir bawang putih
6. 7 butir bawang merah
7. Sedikit lengkuas

Cara memasaknya :
Ikan yang telah dicuci bersih dilumuri dengan garam dan jeruk nipis. Letakkan dalam kuali. Lalu campur dengan semua bahan dan bumbu yang telah dihaluskan. Hidupkan kompor, lalu masak sebentar hingga bumbu meresap ke dalam ikan. Setelah itu, tambahkan air sebagai kuah secukupnya. Tunggu hingga matang. 


Catatan :
Ikan Kerling adalah ikan yang hidup di sungai² di Aceh, dipasaran (Di Aceh) Ikan ini termasuk mahal, Anda yang berada di luar Aceh boleh meggantinya dengan ikan lain (Ikan Apa Aja). Kalau pendapat saya sendiri, ikan yang mengandung banyak tulang sangat mantap dimasak Asam Keueung, karena ikan yang mempunyai banyak tulang cendrung lebih manis, jadi pas dengan kuahnya yang Asam Pedas.

0 comments: