Ini Hanya Blog Biasa yang Menyediakan Informasi Hal-hal Menarik Tentang Aceh.
Kuah Pliek-U, Gulai Para Raja
Masakan atau gulai khas Aceh.
Okezine - Template
Mesjid Raya Baiturrahman
Saksi bisu sejarah Aceh.
Okezine - Template
Tari Saman
Satu ciri menarik dari tari Aceh
..
Prev 1 2 3 Next

Thursday 16 August 2012

Wow! Kue Tradisional Aceh Diminati di Malaysia


BANDA ACEH - Ketua Majelis Adat Aceh, Badruzzaman Ismail, mengatakan bahwa makanan khas Aceh yang disajikan di hari raya seperti kue bhoi, keukarah dan lainnya juga dibuat oleh orang Malaysia untuk menyambut hari raya Idul Fitri.

“Saya pernah lebaran di Malaysia, dan terkejeut saya lihat banyak sekali kue khas kita di jual di sana. Jika orang lain saja meminatinya kenapa kita malah lupakan,” ujarnya kepada The Atjeh Post, Kamis, 9 Agustus 2012.

Setiap hari raya masyarakat Aceh mempunyai tradisi membuat kue, kue-kue itu nantinya akan dihidangkan kepada para keluarga, sanak saudara dan tamu yang datang. Hal ini kata Badruzzaman sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh sejak lama.

Tradisi ini menurutnya adalah tradisi yang sangat baik dan jangan sampai dihilangkan, karena tradisi ini merupakan salah satu bentuk kenduri yang dilakukan oleh masyarakat Aceh pada hari kemenangan.

“Karena itu kendiri, jadi tidak boleh pilih-pilih tamu. Jangan sampai makanan yang enak-enak dikhususkan untuk tamu yang berpangkat atau kaya. Tetapi jika yang datang anak yatim makanan itu dipindahkan, itu tidak dapat pahala,” ujarnya lagi.

Ia juga menghimbang agar masyarakat lebih banyak membuat kue-kue atau makanan tradisional Aceh, untuk menjaga kelestariannya. Hal ini bukan berarti tidak boleh membuat makanan khas daerah lain.

“Tapi makanan sendiri lebih baik untuk dibuat, boleh-boleh saja membuat makanan khas orang asal khas kita sendiri tidak dilupakan,”

sumber :http://atjehpost.com (Visit Website Now)

0 comments: