Ini Hanya Blog Biasa yang Menyediakan Informasi Hal-hal Menarik Tentang Aceh.
Kuah Pliek-U, Gulai Para Raja
Masakan atau gulai khas Aceh.
Okezine - Template
Mesjid Raya Baiturrahman
Saksi bisu sejarah Aceh.
Okezine - Template
Tari Saman
Satu ciri menarik dari tari Aceh
..
Prev 1 2 3 Next

Wednesday 22 August 2012

Wisatawan Lokal Serbu Pemandian Alue Lase


Jeumpa, (Analisa). Tempat pemandian alam Alue Lase Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ramai dikunjungi warga, Rabu (22/8).
Objek wisata alam tersebut bukan hanya ramai dikunjungi warga dalam kabupaten setempat, kabupaten tetangga seperti Aceh Selatan, Nagan Raya dan Aceh Barat juga ikut meramaikan tempat wisata itu.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kawasan wisata alam ini paling diincar para wisatawan lokal. Pasalnya, selain lokasi yang mudah dijangkau, suasana di kawasan objek wisata tersebut tampak asri.

"Saya merasa lokasi ini cocok untuk mengisi hari libur, hampir setiap hari libur kami memanfaatkan lokasi ini untuk berlibur. Sebab, selain suasananya yang asri, jarak lokasi masih mudah dijangkau," kata Hongki, warga asal Nagan Raya yang berlibur ke lokasi itu.

Mereka mengaku nyaman berwisata ke lokasi tersebut, selain masyarakatnya yang ramah, suasana di lokasi itu juga mampu membebaskan pengunjung dari masalah yang sedang dihadapi. Baik itu urusan kantor, keluarga maupun urusan bisnis.

"Sebab suasana di sini sejuk dan tenteram, sehingga membuat kita semua merasa nyaman kalau sudah sampai di sini," ungkapnya.

Sarwadi, salah seorang pedagang di kawasan itu kepada Analisa mengakui bahwa setiap hari libur kawasan tersebut ramai dikunjungi para wisatawan, baik yang berasal dari daerah maupun dari kabupaten lain.

"Pengunjung mulai ramai berdatangan ke tempat pemandian ini umumnya pada waktu menjelang siang hingga sore hari," ujar Sarwadi.

Dia menambahkan, pada hari-hari tertentu, omset penjualan di lokasi itu bisa meningkat tajam, namun kondisi itu menurutnya terjadi pada hari libur saja.

Pihaknya berharap lokasi wisata alam tersebut bisa ditata dengan baik, sehingga besar kemungkinan lokasi itu bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari pendapatan daerah setempat.

"Tinggal lagi penataan dan pemanfaatan secara baik dan benar, sebab jika lokasi ini benar-benar ditata dan dikelola dengan baik, masyarakat di sini juga bisa menopang hidup dengan cara berjualan," ungkapnya.

Dikatakan, kendala yang dihadapi saat ini adalah belum sepenuhnya akses jalan menuju lokasi pemandian diaspal.

"Jika jalan ini sudah diaspal, maka lokasi objek wisata alam ini akan tampak lebih baik," ka tanya.

Pantauan Analisa dalam beberapa pekan terakhir ini, para wisatawan yang berdatangan ke Abdya lebih memilih kawasan wisata pegunungan dari pada kawasan pantai. Hal tersebut dikarenakan, wisata alam pegunungan menyajikan kesejukan dan panorama alam yang masih asri.

0 comments: