Ini Hanya Blog Biasa yang Menyediakan Informasi Hal-hal Menarik Tentang Aceh.
Kuah Pliek-U, Gulai Para Raja
Masakan atau gulai khas Aceh.
Okezine - Template
Mesjid Raya Baiturrahman
Saksi bisu sejarah Aceh.
Okezine - Template
Tari Saman
Satu ciri menarik dari tari Aceh
..
Prev 1 2 3 Next

Wednesday 22 August 2012

Pengunjung "Hinggapi" Obyek Wisata Religi Aceh


Banda Aceh, (Analisa). Masjid Raya Baiturrahman, sebagai salah satu objek wisata religi di Banda Aceh dipadati pengunjung dari berbagai daerah pada H+4 Idulfitri 1433 H. Para pengunjung ini dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.
Pengunjung umumnya selain beribadah menunaikan salat juga hanya sekadar bermain sambil melihat-lihat ikan hias di kolam yang terbentang besar di depan masjid serta menikmati kemegahan Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid Raya yang merupakan salah satu masjid terindah di Asia Tenggara ini memang selama ini menjadi ikon Aceh, khususnya Banda Aceh sekaligus dijadikan objek wisata religi dan banyak dikunjungi warga dari berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri.

Ramainya warga yang mengunjungi masjid raya ini juga tak terlepas banyaknya penjual jajanan di taman kota yang terletak di samping masjid raya tersebut. Keberadaan pedagang kuliner dadakan ini membuat warga betah berlama-lama di seputan masjid raya.

Pedangan kuliner dadakan ini, selama Lebaran Idulfitri memang mendapat izin untuk berjualan. Namun, pada hari-hari biasa, lokasi berdagang ini dijadikan lahan parkir bagi jemaah masjid atau warga yang ingin berkunjung ke Pasar Aceh yang letaknya sangat berdekatan.

Seorang warga Langsa, Ismaniar, mengungkapkan, ia bersama keluarga sengaja datang mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman guna salat Ashar sekaligus menikmati kemegahan masjid yang menjadi kebanggan masyarakat Aceh ini.

"Saya sengaja membawa anak-anak kemari sebelum pulang ke Langsa," ujarnya singkat saat dijumpai Rabu (22/8) sore.

Selain Masjid Raya Baiturrahman, salah satu masjid yang kerap dikunjungi warga yakni Masjid Baiturrahim, Ulee Lheu Banda Aceh. Masjid yang terletak di bibir pantai ini menjadi saksi bisu kedahsyatan tsunami yang melanda Aceh pada Desember 2004.

Tak mengherankan, banyak kalangan dari luar Aceh menganggap masjid Baiturrahim ini "keramat", karena selamat dari hempasan tsunami yang memporak-porandakan kawasan Ulee lheue hingga rata dengan tanah.

Dalam hal wisata tsunami di Banda Aceh, selain dua objek religi ini, sasaran yang banyak dikunjungi warga yakni Museum Tsunami yang terletak di kawasan Blang Padang Banda Aceh. Banyak warga yang berkunjung ke museum ini untuk berfoto-foto.

0 comments: