Ini Hanya Blog Biasa yang Menyediakan Informasi Hal-hal Menarik Tentang Aceh.
Kuah Pliek-U, Gulai Para Raja
Masakan atau gulai khas Aceh.
Okezine - Template
Mesjid Raya Baiturrahman
Saksi bisu sejarah Aceh.
Okezine - Template
Tari Saman
Satu ciri menarik dari tari Aceh
..
Prev 1 2 3 Next

Tuesday 14 August 2012

Punya 808 Objek Wisata, Aceh Bidik 1,3 Juta Wisatawan



OKEZONE. Aceh bersiap menyongsong tahun kunjungan wisata. Dengan mengandalkan 808 objek wisata, Pemprov Aceh menargetkan 1,3 juta wisatawan berkunjung ke Serambi Mekkah selama pelaksanaan Visit Aceh 2013.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Rasyidah, mengatakan bahwa Pemprov akan terus meningkatkan fasilitas penunjang wisata. “Ada 808 obyek wisata yang layak dikunjungi di provinsi ini, mulai dari wisata pantai, situs sejarah, situs tsunami, hingga wisata religi,” katanya, di Banda Aceh, Rabu (4/7/2012).

Dia mengakui, selama ini objek-objek wisata tersebut belum tertata dengan baik. Namun, ke depan akan terus dikelola secara profesional agar wisatawan yang datang sesuai harapan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Aceh.

“Arus kunjungan wisatawan pada 2013 kita targetkan mencapai 1,3 juta orang,” sebutnya.

Dia yakin target ini bisa tercapai jika ada kerjasama yang baik dengan sejumlah pihak. Apalagi faktanya, arus kunjungan ke Aceh dalam dua tahun terakhir terus meningkat. Pada 2008, tercatat 17.282 wisatawan mancanegara dan 710.890 wisatawan Nusantara berkunjung ke Aceh. Angka ini meningkat pada 2011, yaitu 28.053 wisatawan mancanegara dan 959.545 wisatawan Nusantara. “Naik 27 persen,” katanya.

Tahun ini, Aceh menargetkan kunjungan 1,1 wisatawan dalam maupun luar negeri. Rasyidah mengajak wisawatan untuk tidak perlu takut berkunjung ke Aceh karena keamanan provinsi ini sudah sangat kondusif. Budaya ramah yang dimiliki masyarakat Aceh siap menyambut turis dari manapun.

Wisatawan juga jangan takut dengan pelaksanaan Syariat Islam di Aceh karena Syariat yang diberlakukan tidak seseram bayangan dan tidak akan menghambat sektor pariwisata. “Aceh adalah daerah kunjungan wisata yang aman dan nyaman bagi wisatawan,” ujarnya.

Kepala Satuan PP dan Polisi Syariah (Wilayatul Hisbah) Aceh, Khalidin, mengatakan bahwa pihaknya memberikan garansi pelaksanaan syariat Islam di Aceh tidak akan mengganggu sektor pariwisata. “Polisi Syariat tidak akan menghambat. Wisata merupakan salah satu sektor yang bisa mendatangkan PAD daerah,” tandasnya.

Khalidin mengimbau wisatawan mancanegara dan Nusantara tidak perlu takut berkunjung ke Aceh, terutama setelah mendengar pemberitaan soal hukuman cambuk bagi pelanggar syariat Islam. Wisatawan non-Muslim juga tidak diwajibkan mengenakan jilbab di Aceh karena itu hanya diwajibkan bagi Muslimah.

Sebelumnya, General Manager Hermes Palace Hotel Banda Aceh Oktowandi menambahkan bahwa pihaknya akan mengemas paket-paket wisata dalam mendukung program Visit Aceh Year 2013. “Kita berharap visit Aceh ini akan berhasil,” tutupnya.

0 comments: