Ini Hanya Blog Biasa yang Menyediakan Informasi Hal-hal Menarik Tentang Aceh.
Kuah Pliek-U, Gulai Para Raja
Masakan atau gulai khas Aceh.
Okezine - Template
Mesjid Raya Baiturrahman
Saksi bisu sejarah Aceh.
Okezine - Template
Tari Saman
Satu ciri menarik dari tari Aceh
..
Prev 1 2 3 Next

Thursday 6 September 2012

Mahasiswa Unsyiah Asal Gayo Diundang ke Hawai Menari Saman

Tiga Mahasiswa asal Gayo Lues dalam waktu dekat ini direncanakan berangkat ke Hawaii, Amerika Serikat. Mereka diundang untuk menari Saman. Ketiga mahasiswa dari Unsyiah tersebut adalah Sabarudin dari Fakultas FISIP, Saniman R dari Fakultas Teknik, dan Azwier dari Fakultas Pertanian.

Selain mahasiswa, ketiganya tercatat sebagai penari Saman di Sanggar masyarakat Gayo Lues, Sanggar Budaya Seribu Bukit (SBSB). Sanggar tersebut selama ini aktif mengisi sejumlah acara di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Selain mereka bertiga, juga akan diikuti sejumlah mahasiswa lainnya dari berbagai jurusan di Universitas Syah Kuala (Unsyiah) dan akan diikuti 13 Dosen dari perguruan tinggi Jantong Hate Rakyat Aceh itu. Di antara dosen yang ikut tercatat Dr. Rajab Bahry, M.Pd., tokoh Masyarakat Gayo Lues yang saat ini menjabat Ketua Prodi MPBSI pada Pascasarjana Unsyiah.

Sabarudin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Jakarta, yang memlih 13 mahasiswa dan 13 dosen Unsyiah untuk mewakili Indonesia dalam rangka promosi wisata. Kegiatan itu sekaligus menjalin kerja sama Unsyiah dengan Universitas di Hawaii.

Lelaki akrab disapa Sabar ini menambahkan, Kamis hari ini, pukul 05.00 WIB, mereka akan berangkat ke Jakarta selama tiga hari untuk mengurus VISA ke Kedubes Amerika Serikat. “Ke Hawaii berangkat sekitar tanggal 20 Oktober nanti,” katanya.

Selain tarian Saman, di Hawaii mereka juga akan menampilkan Tari Melayu dan Jawa. “Besok kita akan berangkat secara serentak ke Jakarta bersama rombongan dari Pusat Kajian dan Pengembangan Seni Unsyiah,” kata Sabar. |  

sumber:lintasgayo (Visit This Website Now)

0 comments: