Ini Hanya Blog Biasa yang Menyediakan Informasi Hal-hal Menarik Tentang Aceh.
Kuah Pliek-U, Gulai Para Raja
Masakan atau gulai khas Aceh.
Okezine - Template
Mesjid Raya Baiturrahman
Saksi bisu sejarah Aceh.
Okezine - Template
Tari Saman
Satu ciri menarik dari tari Aceh
..
Prev 1 2 3 Next

Wednesday 31 October 2012

Jadi Desa Wisata, Warga Lubuk Sukon Siap Terima Tamu Asing

Ingin melihat turis manca negara menanam padi di sawah atau melakukan kebiasaan-kebiasan orang Aceh? Tak lama lagi hal itu bisa kita lihat di Gampong Lubuk Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Sejak ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh pada 15 Oktober 2012 lalu, desa ini memang dipersiapkan untuk menerima kunjungan wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Nantinya, wisatawan yang datang ke desa tersebut bisa berbaur dengan masyarakat setempat. Mereka bisa melakukan aktivitas bersama warga setempat seperti ke sawah, bercocok tanam, beternak atau belajar mengolah masakan khas Aceh.

“Para wisatawan yang datang untuk menikmati berbagai panorama pedesaan, mereka bisa menikmati kehidupan layaknya orang desa, nanti mereka akan menginap di rumah masyarakat,” ujar Fauzi Yunis, Geuchik Gampong Lubuk Sukon kepada The Atjeh Post.

Fauzi pun menyatakan kesiapan warganya dalam menyukseskan program pemerintah tersebut. Namun katanya, para wisatawan yang berkunjung ke desa tersebut harus menghormati ketentuan-ketentuan yang berlaku di desa itu.

“Kami tidak takut dengan masuknya kebiasaan lain ke desa kami. Para wisatawan yang datang harus mengikuti beberapa persayratan. Misalnya untuk yang non muslim tidak boleh memakai pakaian yang mini,” katanya.

Seorang warga yang ditemui The Atjeh Post juga menyatakan kesiapannya. Di lain pihak mereka mengaku bangga karena desanya terpilih dalam program untuk mendukung visit Aceh year 2013.

“Kami senang dan bangga, bagus sekali jika desa kami dapat dikunjungi dan bisa dinikmati oleh wisatawan. Kami juga berharap dengan adanya program ini desa kami bisa lebih tertata dan lebih asri dari sebelumnya,”
sumber : www.atjehpost.com

0 comments: